Selamat Datang di Portal Resmi PPID Kabupaten Bone

590

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Syukur Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Bone telah menerbitkan sebuah laman Informasi Publik secara online dengan nama domain https://ppid.bone.go.id di mana keberadaan laman / website menjadi tanggung jawab Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone dan PPID Pembantu lainnya.

Keterbukaan Informasi Publik merupakan jaminan hukum bagi setiap orang untuk memperoleh informasi sebagai salah satu hak asasi manusia, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 F, yang menyebutkan, bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Keberadaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik; (2) kewajiban badan publik dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana.

Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 di Pemerintah Kabupaten Bone berdasarkan KEPUTUSAN BUPATI BONE NOMOR 17 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BONE serta KEPUTUSAN BUPATI BONE NOMOR 169 TAHUN 201 7 TENTANG PENETAPAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BONE

Peraturan ini bertujuan Terwujudnya pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan memberikan pemahaman dan keseragaman dalam memberikan pelayanan informasi publik, serta untuk menghasilkan layanan informasi publik yang baik dengan cara efektif dan efisien.

Selain itu, untuk (1) memberikan standar bagi badan publik dalam melaksanakan pelayanan informasi publik; (2) meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkungan badan pub lik untuk menghasilkan layanan informasi publik yang berkualitas; (3) menjamin pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses informasi publik; dan (4) menjamin terwujudnya tujuan penyelenggaraan keterbukaan informasi sebagaimana diatur dalam UUU No. 14 Tahun 2008.

Dengan membuka akses publik terhadap informasi diharapkan badan publik termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyat yang sebaik-baiknya. Dengan demikian, hal itu dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan terciptanya pemerintahan yang baik ( good governance ).

Saran dan kritik membangun diharapkan dari berbagai pihak demi kesempurnaan pelayanan Informasi kepada publik, dapat dikirim ke Surel / Email  PPID Kabupaten Bone  yaitu sekretariat@ppid.bone.go.id

Pembina Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,

Bupati Bone,

ttd

Dr.H.ANDI FAHSAR MAHDIN PADJALANGI,M.Si.